Senin, 07 Maret 2011

On 01.04 by dkclumajang
LUMAJANG GOES TO JAMNAS 2011
perjalanan menuju bahagia 
JAMNAS memang merupakan event yang dinanti – nanti oleh anggota gerakan pramuka seantero Nusantara. Bukan hanya para penggalangnya saja yang bersemangat membara, tapi juga para penegak-pandega hingga anggota dewasa, semua berpacu, berusaha untuk dapat menjadi pendamping pada kegiatan akbar ini. 


Kwartir Cabang Lumajang sendiri telah menyiapkan langkah-langkah jitu dalam rangka pengiriman kontingen JAMNAS 2011. Tak hanya dalam hal pengusahaan financial kegiatan, peran aktif KwarCab kini tengah mencakup hampir keseluruhan kebutuhan peserta, meliputi administrasi, akomodasi, transportsi hingga TC. Sebagai KwarCab tergiat 1 se-Karesidenan Timur dan tergiat 5 se-Jawa Timur, event Jambore ini menjadi tantangan tersendiri bagi KwarCab Lumajang sekaligus sebagai ajang untuk membuktian prestasi yang dipertahakan anggota gerakan pramuka KwarCab Lumajang.
Tak mau ketinggalan, peran aktif Dewan Kerja Cabang Lumajang sebagai satuan kebanggaan Kwartir Cabang Lumajang yang telah meraih predikat Dewan Kerja terbaik 6 se-Jawa Timur juga turut mewarnai perjalanan Kwartir Cabang mempersiapkan keutuhan kontingen JAMNAS 2011 yang akan dilaksanakan di sumaera selatan.
Untuk saat ini, Keseluruhan proses seleksi dan pembentukan kontingen JAMNAS 2011 telah dilalui tanpa hambatan. Tapi W-jay rasa tidak ada salahnya kalau kembali kita ulas jalannya proses seleksi tersebut, siapa tahu ada banyak hikmah yang dapat kita petik sebagai pelajaran yang berharga untuk berkembang, okey, yuks mariiii:
AGENDA SOSISALISASI
Ya, benar sekali, sosialisasi adalah hal paling utama yang dibutuhkan saat akan mengadakan suatu seleksi, apalagi seleksi untuk ikut kegiatan JAMNAS, maka harus disosialisasikan dengan optimal. Hal ini terkait dengan kejelasn informasi yang harus diterima peserta guna memancing minat untuk dapat mengikuti seleksi.
Sosialisasi juga terkait dengn pemberian motivasi kepada peserta agar peserta tidak merasa kecil hati dahulu, terlebih mundur sebelum berperang…….wah, jangan sampai penggalang kita mentalnya seperti itu ya. Maka dengan disusunnya agenda sosialisasi maka diharapkan peserta dapat semakin jelas, berminat sehingga termotvasi dan bersemangat untuk ikut berpartisipasi.
Dari hasil sosialisasi ini diharapkan peserta dapat mengerti mengenai edaran dari kwarnas, ajakan kwarnas untuk ikut jambore serta gambaran pelaksanaan jambore nasional 2011 meliputi ; tempat kegiatan, waktu pelaksaan, persyaratan peserta, fee, jenis-jenis kegiatan, dll. Sehingga, sekali lagi, mendapatkan motivasi untuk ikut dalam proses seleksi.

Namun demikian, respon yang diterima Kwartir Cabang amat beragam. Meskipun sebagian Kwatir ranting menyatakan kesediaannnya dan menyambut baik kedatangan tim sosilisasi dari Kwartir Cabang, sebagian lain menganggap sosialisasi tersebut tidak diperlukan Karen sudah merasa yakin dengan kejelasan informasi yang diterima dan atau dari awal sudah meyakinkan dirinya untuk ikut JAMNAS melalui jalur 1. Lebih parah lagi, ada juga Kwartir Ranting yang menolak untuk disosialisasi karena sudah memutuskan untuk tidak mengirimkan perwakilannya dalam proses seleksi. Wahwahwah, kasian sekali penggalangnya, jadi tidak bias ikut berpartisipasi kan…….
Eits, diatas itu belum cukup, respon beragam seperti inipun  juga datang dari kalangan kita sendiri, penegak pandega, hingga mendekati batas akhir pendaftran peserta, kuota yang terpenuhi ternyata masih jauh dari harapan. Ini menimbulkan banyak spekulasi untuk bermunculan, tidak mendapat informasikah?, atau pesimis dari awalkah?, padahal dari seleksi ini akan menjadi suatu kesemptan yang baik bagi penegak pndega untuk berkembang  serta bersaing dengan penegak pndega lain secara personal dengan penuh sportifitas. Tidak ingin naungannya ketinggalan moment emas, Dewan Kerjapun memutuskan mengadakan sosialisasi gelombang dua yang dikhususkkan bagi anggota pramuka penegak dan pandega. Setelahh agenda disusun, sosialisasi gelombang dua pun dilaksanakan. Alhamdullilah, banyak respon positif muncul hingga akhirnya kuota yang ada mendekati jumlah yang diharapkan.
Akhirnya, keseluruhan agenda sosialisasi telah usai, keseluruhan calon pesert telah dirasa cukup mengerti akan JAMNAS 2011 ini, tinggal menunggu daftar akhir peserta seleksi JAMNAS pada pra-seleksi nanti. Semoga semuanya tetap teguh dan bersemangat hingga tiba waktu seleksi nanti.
PRA-SELEKSI dan SELEKSI
 Tahap sosialisasi telah dilalui. Tiba saatnya untuk input data peserta seleksi dan penjelasan pelaksanaan seleksi yang akan diadakan nanti. Inilah, saatnya pra-seleksi. Peserta yang terdiri dari golongan pengglang hingga anggota dewasa, dengan wajah penuh antusiasme dan ketidak sabaran untuk mengetahui hal apakah harus mereka persiapkan untuk menjebol garis kemenangan pada seleksi nanti.keseluruhan calon peserta berkumpul di Aula SUT yang berada di tertorial gudep sastro dikoro, SMKN 1 Lumajang, tampak duduk rapi memenuhi aula.
Pra-seleksi dibuka oleh kak Towil Ridhlo’I didampingi oleh Kak Taufiq. Pesan – pesan dari kak towil tentunya akan selalu diingat oleh keseluruhan calon peserta, bahwa pada prroses seleksi nanti tidak ada yang namanya pendekatan secara apapun, hal ini bahkan dijamin atas nama beliau sendiri. Ini menunjukkan keseriusan panitia untuk memberangkatkan kontingen yang benar-benar terdiri dari anggota pramuka yang berprestasi, bukan saja berduit.
Mikrofon kemudian beralih kepada kak M. Sulkhan Akbar untuk menjelaskan kembali sekilas tentang JAMNAS2011 beserta gambaran bumi perkemahannya, dilanjutkan penjelasan mengenai pelaksananaan seleksi nanti.
Dari hasil pra-seleksi ini peserta paling tidak sudah dapat memahami gambaran mekanisme seleksi nanti. Yakni unttuk penggalang  diwajibkan mengikuti tes administrasi, tes kecakapan umum, tes kecakapan khusus dan tes parade dan kesamaptaan. Sedangkan untuk penegak pandega dan anggota dewasa yang akan mengikuti seleksi diwajibkan mengikuti tes administrasi, tes kecakapan khusus, tes parade dan kesamaptaan serta tes problem solving (metode sesi permainan atau wawancara). Tes administrasi yang diadakan cukup inovatif dan produktif, para peserta diwajibkan menjual maksimalnya 15 kaos untuk mendapat point maksimal yakni 300 poin. Sdangkan per kaos bernilai 20 poin. Apabila ternyata hasil penjualannya melebihi angka 15 kaos, maka peserta tersebut akan mendapatkan komisi bagi hasil dari kwartir cabang, yakni 50:50 dari total laba yang diterima kwartir cabang. Penjelasan demi penjelasan yang lain diikuti dengan seksama oelh seluruh peserta hingga usai.
Pra-seleksi usai, peserrta pulang membawa tantangan dalam hidup mereka, untuk ikut dalam kontingen JAMNAS2011 atau duduk terpaku mendegar kisah rekanan mereka tentang JAMNAS. Inilah tantangan bagi mereka, pramuka yang benar-benar berprestasi, untuk menunjukkan taringnya dengan begabung dalam kesatuan kontingen JAMNAS 2011.
-
Hari yang ditunggupun tiba, 20 februari 2011, boleh jadi hari benar-benar menantang bagi seluruh peserta seleksi JAMNAS 2011. Pada hari tersebut, semua peserta akan diuji, apakah mereka mampu dan pantas mengemban tugas untuk mengahrumkan nama kontingen Lumajang, atau tidak.
Dalam seleksi kali ini, setiap golongan ditangani oleh andalan-andalan yang berbeda. Khusus anggota dewasa ditangani oleh kak Taufiq dan kak Towil Ridhlo’i. untuk penegak dan pandega ditangani secara khusus oleh kak Sulkhan Akbar. Sedangkan penggalang sendiri berada ditampuk pertanggung jawaban kak Prio Utomo. Dengan dimikian, tidak ada pemusatan kekuasaan penjurian atau pelolosan nama-nama tertentu. Hal ini juga sudah barang seharusnya menghilngkan anggapan-anggapan adanya oknum andalan yang bermain pendekatan atau sebagainya. The game is clear.
Seleksi diikuti oleh sekitar 99 anggota pramuka penggalang, 42 anggota pramuka penegak serta 5 anggota dewasa. Masing-masing berpacu, satu samalain, berperang dalam sportifitas seleksi, untuk dapat memeproleh tiket menuju Jamnas 2011 di sumatera selatan.
Proses seleksi berlangsung mulai jam 8.30 pagi (molor sedikit  dari jadwal, hehehe) hingga kisaran pukul 15.30. terbayangkan lelahnya. Apalagi mengingat jam makan siang yang kedatanganannya sedikit meleset dari jadwal mebuat tangis diperut, hahaha. Tapi panitia tentu saja tidak kehilangan semangatnya. Seusai seleksi panitia masih harus dihadapkn kepada input data pesrta beserta nilai. Belum lagi, rekap kaos JAMNAS yang berhasil dijual peserta, biuh, kak leli (the tacik) dkk harus bekerja kras untuk menangani urusan yang satu ini.
Akhirnya, tanggal 20 februari telah memasuki wakktu maghrib, data beres, rekapp beres, kebersihan tempatpun rebes, kakak-kakak panitia telah benar-benar berusaha keras. Yach, ini semua demi kesuksesan dan lancarnya pemberangkatan kontingen JAMNAS 2011. Bravo pramuka Lumajang.

KONTINGEN JAMNAS 2011
Akhirnya, hari yang djanjikan telah tiba. 25 februri 2011, akan menjadi hari dimana tawa dan air mata harus keluar dari seluruh peserta seleksi JAMNAS 2011. mereka harus dapat menerima apapun keputusan panitia yang tertulis dalam edaran hasil seleksi JAMNAS 2011.
Yach, panitia telah memutuskan nama-nama yang keluar sebagai peserta JAMNAS 2011, menjadi satu kesatuan dalam kontingen jamna2011 KwarCab Lumajang. Keputusan yang keluar tentunya berasal dari hasil penilaian secara objektif dan tanpa rekayasa atau subjektifisme.
Dan nama yang muncul dari hasil seleksi golongan penegak-pandega ialah…….
Jeng jejeng…….
AHMAD MAULANA HAKIM : HOS.Cokroaminoto : SMAN 2 Lumajang dengan total nilai 763.67
RANI FAIZAH : Satria Mandala : SMAN 3 Lumajang dengan total nilai 848.50
Segenap jajaran anitia menugcapkan selamt kepada kedua peserta yang telah lolos, semoga dapat melaksanakan tugas dengan sebaik- baiknya. (untuk keseluruhan nama peserta yang lolos akan diterbitkan pada posting selanjutnya setelah Training Center pertama diadakan).
Terakhir dari W-Jay (ngomong-ngomong, kakak sekalian ingat kan kalo “W-jay” itu singkatan dari Aryawiraraja!), segenap jajaran panitia mengucapkan banyak-banayak terimakasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti keseluruhan proses seleksi dengan seksama. Semoga dari kegiatan ini dapat menjadikan pengalamana teman-teman cepat berkembang serta bermanfaat bagi masyarakat.
Seian dulu ya………..terimakaih telah berkenan mebaca…….
Wassalam
Salam pramuka,