Jumat, 06 Mei 2011

On 04.18 by dkclumajang
KDPK LUMAJANG 2011
UPGRADING MOMENT

CAYOOO,
Kursus Pengelola Dewan kerja Lumajang 2011 usai sudah, tiga hari yang penuh dengan moment menyenangkan kini telah terkemas dihati masing – masing peserta sebagai sebuah kenangan belajar yang menyenangkan.


Sesuai dari planning awal kegiatan ini dimulai pada hari jum’at tanggal 8 april di lingkungan asrama SMKN Klakah, yang dibuka oleh Wakil ketua kwarcab Bidang (wakabid) Binawasa yakni kak M. Thowil Ridlo’I, dikarenakan kak rochim selaku kakwarcab berhalangan hadir untuk alasan kesehatan. Namun ketidak hadiran sang kakwarcab tersebut tidak lantas menyurutkan semangat para penegak pandega peserta KPDK Lumajang tersebut. Kak towil selaku Pembina upacara pembukaan waktu itu berpesan beberapa hal kepada seluruh peserta dan sangga kerja ; untuk tetap menjaga semangat hingga akhir kegiatan nanti dan tidak sekali-kali melupakan sholat karena sholat merupakan kewajiban utama umat muslim. Akhirnya kegiatan itu dibuka dan disambut dengan tepuk tangan 51 peserta kpdk yang terdiri dari 46 Dewan Ambalan dan 5 Dewan Kerja ranting. Nach, mau tahu jalan seru cerita kpdk lumajang 2011? Simak yuk……

Udah dibuka, saatnya membaur......... bentuk kelompok! Di sesi dinamika ini dipimpin langsung oleh co. Bidang giat, kak joko reghol. Dengan game klasiknya, angin bertiup, peserta mulai diacak tempat duduknya sehingga yang tadinya duduk berdampingan dengan satu gudepnya bisa berpindah-pindah. Kejutannya ternyata ada dibawah kursi masing-masing peserta, yakni nama kelompok masing-masing peserta. Dalam event kali ini, kak joko memilih tema Pandawa V sebagai ragam nama kelompoknya. Yup, dialah Arjuna sang bijak yang difasilitatori oleh kak tantowi, bima the mighty dengan kak rizal, yudhistira si jenius dengan kak robi, dan duet jenaka nakula sadewa dengan fasilitator kak eni dan kak vini. Akhirnya masing-masing kelompok telah menyepakati kontrak belajar kpdk lumajang 2011, kini saatnya kembali ke mass dan melakukan ibadah serta bersih diri masing-maisng yang dilanjutkan dengan kegiatan acara makan malam pertama.kali ini, ada lagi nich hiburan seru dari sangker bidang konsumsi, mau makan aja kak niko valentino masih sempat-sempatnya mengacak-acak tempat duduk peserta kpdk dengan cara menempelkan nama mereka di bawah kursinya masing-masing. Hmmm, seru juga, saat lapar menyerang masih harus heboh cari namanya di bawah kursi, tapi positifnnya, ini dapat lebih membaurkan peserta kpdk sehingga tidak melulu berkumpul dengan teman satu gudep atau kelompoknya. Thx kak niko.
Sesi malam dimulai, saatnya belajar. Secara umum, kegiatan kpdk lumajang 2011 terdiri dari 7 materi yakni:
-          PPDK dibawakan oleh kak sofyan hanafi, mengupas habis seluk beluk kedewankerjaan ; pengertian, kedudukan, hubungan, cara kerja dan lain lain. Materi ini tidak saja ditujukan kepada pengurus dewan kerja di tiap kwartir, karena pada dasarnya ppdk sering dijadikan sebagai pedoman menyelenggarakan dewan ambalan di gudep-gudep.
-          Sistem administrasi oleh kak nur laily wahyu ts, membahas tentang sistem keadministrasian dalam dewan kerja ; surat menyurat, proposal, pelaporan, dan keadministrasian lain yang biasa dihadapi seorang pengurus dewan di kwartir atau di gudep.
-          Scout project oleh kak priyo utomo, menerangkan tentang scout project dan scout methods, ini memberi penjelasan tentang bagaiamana seorang dewan kerja menyelenggarakan sebuah kegiatan dan bagaimana asas – asas berkegiatan dalam gerakan pramuka. Disini juga diberikan penugasan yang mensimulasikan step-step pengerjaan sebuah kegiatan oleh seorang pramuka, mulai dari perencanaan hingga perayaan.
-          Self assestmen oleh kak m.sulkhan akbar, memberikan dorongan dan motivasi kepada peserta kpdk dengan cara membantu mereka dalam menemukan bakat dan kemampuan masing-masing personal diberbagai bidang.
-          Etika berkomunikasi oleh kak miftahul khoiriyah, memberi penjelasan kepada peserta akan pentingnya sebuah komunikasi yang lancar dan bagaimana membentuknya.
-          Enterpreneurship oleh kak wimbo wiyono, memberikan wawasan kewirausahaan yang spektakuler kepada peserta kpdk. Peserta diharapkan dapat lebih mengenal teknik wirausaha dan langkah tepat menuju sukses wiarausaha.
-          Pola dan mekanisme pembinaan penegak dan pandega oleh kak m.taufiq memberi penekanan terhadap cara pembinaan penegak dan pandega di kwartir dan di gudep. Mengacu kepada polmek yang baru dan pengulasan tentang uu gerakan pramuka yang baru saja disahkan.
Ya, demikianlah sederetan materi kpdk lumajang 2011, tentu saja tidak hanya materi disetiap waktu, peserta juga mnedapatkan sesi-sesi menarik serta game-game yang menyenangkan. Pada akhir acara. Dilakukan post tes guna mengetahui hasil belajar peserta selama tiga hari. Selanjutnya, dari hasil post tes dan pengamatan performance, diputuskanlah 2 nama sebagai peserta terbaik KPDK Lumajang 2011 yakni kak Unggul Teguh Prasetyo dan kak Nanda Rifka (selamat ya atas prestasinya ^_^).semoga ilmu dan pengalaman yang diperoleh dapat bermanfaat bagi gerakan pramuka dan masyarakat.
Dalam kegiatan kpdk ini, selain kak miftah selaku ketua dkd jatim, datang juga beberapa tamu undangan se-korwil, yakni kak hendra eka dari pasuruan, serta kak huda dan kak gunawan dari malang. Hal ini merupakan sebuah tanda eratnya hubungan silaturahmi antar kwartir cabang hingga membuat kedua tamu kita tersebut rela jauh-jauh datang ke lumajang menghadiri acara kpdk lumajang 2011.
Selanjutnya, menyongsong KPDK jatim pada tanggal 14 mei nanti, DKC Lumajang akan diwakili oleh kak Vini Rossi dan kak Tantowi Bagus guna belajar dan membawa nama serta aspirasi pramuka penegak dan pandega Lumajang di sana, di kancah Dewan \kerja se-Jawa Timur. Bagaimana dengan RTL DKC Lumajang?  Reshuffle akan diadakan bulan mei 2011, don’t miss it, seleksi akan diadakan dalam beberapa tahap. Sementara itu, tunggu suratnya yah….
Oke, sekian dari W-jay, ketemu lagi di Reshufle DKC 1308 untuk masa bakti 2008-2013…….
Salam pramuka!