Sabtu, 06 Agustus 2011

On 12.30 by dkclumajang
HARAPANKU NANTI
Suara kontingen Lumajang
 
              PRAMUKA, kata  yang begitu dekat di hatiku.  Aku mengenalnya sejak dalam kandungan mamaku. Aku berkemah juga sejak dalam kandungan mamaku. Kenapa demikian? Karena mamaku seorang pembina PRAMUKA di SMPN 1 Ranuyoso. Beliau sering mendampingi siswa-siswanya dalam kegiatan berkemah, tak terkecuali ketika beliau mengandung aku. Rima kecil pun sering ngintil mamanya dalam kegiatan-kegiatan latihan yang diselenggarakan di sekolah maupun di luar sekolah. Pada Jambore Cabang 2006 di Pasirian pun aku turut serta berkemah dari awal hingga akhir kegiatan  tersebut. Dari situlah aku belajar mencintai PRAMUKA.

              Sejak tahun 1996 aku sudah tahu bahwa ada even  PRAMUKA  PENGGALANG  yang cukup bergengsi di tanah air yaitu  JAMNAS (Jambore Nasional). Ketika itu siswa mamaku  ada 2 orang yang lulus sebagai kontingen JAMNAS. Aku bertanya pada mama , apa Jambore Nasional itu. Beliaupun menjelaskan  bahwa Jambore Nasional Adalah even perkemahan Nasional bagi Pramuka Penggalang. Di sana akan berkumpul para penggalang dari seluruh tanah air. Ketika itu aku telah membayangkan, betapa senangnya, betapa bahagianya apabila aku menjadi salah satu diantara mereka.
              Sejak itu aku berharap suatu hari nanti aku menjadi salah satu kontingen JAMNAS. Akhirnya Allah mendengarkan doa-doaku dan mewujudkan harapan-harapanku. Aku terpilih dalam seleksi  JAMNAS IX tahun 2011 sebagai salah satu calon kontingen Kabupaten Lumajang.  Aku satu-satunya anggota GUDEP SMPN 5 Lumajang yang mengikuti dan lulus dalam seleksi ini. Tentu saja aku sanggat bangga, sangat bahagia tiada terkira.
              Kebanggaan dan kebahagiaan tersebut  harus aku imbangi dengan kesungguhan dalam berlatih, kedisiplinan yang tinggi, rasa tanggung jawab yang besar serta ketaatan dan kepatuhan kepada para pembina pendamping, kakak-kakak oficial  dan kakak-kakak  panitia. Aku punya kesempatan untuk belajar benyak tentang PRAMUKA dari mereka. Aku juga berkesempatan menimba berbagai pengalaman bersama mereka. Sungguh ini adalah kesempatan yang paling berharga bagiku.
              Banyak harapan yang  ada dalam hatiku dari kegiatan JAMNAS IX tahun 2011 ini. Pertama, aku dapat menembah ilmu kepramukaannku yang sangat kurang ini. Aku dapat belajar dari kakak-kakak pendampingku juga teman-temanku yang lebih pandai dariku.  Dengan demikian aku berharap dapat mengejar ketertinggalanku dari teman-teman sekolah lain.
              Kedua, aku dapat belajar bertanggung jawab, belajar mandiri, berdisiplin, memimpin, bekerjasama, bersosialisasi dan peduli kepada sesama. Dalam JAMNAS nanti aku akan jauh dari orang tua dan keluargaku, tentu saja yang ada di dekatku adalah teman-temanku. Merekalah saudara-saudaraku. Para Pembina Pendampingku menjadi ayah dan ibu bagiku. Di sana aku akan belajar menjalani kehidupan bersama dalam  perkemahan  dengan mereka.
              Ketiga, dengan ikut serta dalam JAMNAS aku akan memiliki banyak teman, teman-teman dari seluruh Persada Nusantara. Mereka datang dengan berbahasa Indonesia tetapi dengan logat yang berbeda-beda. Pasti akan aneh dan lucu kedengarannya. Mereka datang dari berbagai suku bangsa dengan berbagai budaya. Betapa indah budaya-budaya yang bernacam-macam itu. Aku akan tahu lebih banyak tentang Indinesia dari mereka. Betapa semaraknya Bumi Perkemahan Teluk Gelam pada bulan Juli yang akan datang.
              Keempat, dengan ikut JAMNAS IX 2011 ini aku akan punya pengalaman mengadakan perjalanan jauh, melintasi banyak kota sepanjang jalan, dapat menginjak pulau lain selain Pulau Jawa tempatku kini. Aku akan akrab dengan pesona Teluk Gelam di Sumatera Selatan. Betapa indahnya  perjalananku nanti. Aku telah membayangkan  bagaimana indahnya  pesona Teluk Gelam tempatku berkemah nanti.
              Tentunya masih banyak harapan-harapan yang ada di hatiku, bagiku yang paling penting sepulang dari JAMNAS nanti aku dapat menjadi seorang PRAMUKA INDONESIA  SEJATI. AMIN!!!