Rabu, 26 Agustus 2015

On 20.13 by dkclumajang


Gerakan Pramuka merupakan wadah pembinaan bagi generasi muda Indonesia untuk membentuk watak, kepribadian serta memiliki semangat kebangsaan sehingga menuju perubahan yang lebih baik. Untuk itu Gerakan Pramuka melakukan penanganan generasi muda sejak dini dan menangani sebanyak mungkin generasi muda sehingga masa depan bangsa tidak akan goyah sampai kapanpun.
Menangkap pemikiran tersebut Gerakan Pramuka secara terus-menerus melakukan pengabdian terhadap bangsa dan negaranya dengan mencetak generasi muda yang handal dan berkepribadian.
Penopang utama pendidikan kepramukaan adalah Gugusdepan, dimana Gugusdepan inilah sebagai tempat latihan utama peserta didik untuk menjadi pribadi yang tangguh, cerdas, dan terampil. Oleh karenanya, peningkatan materi yang diperuntukkan bagi peserta didik amat diperlukan. Sementara, materi-materi yang disajikan oleh Pembina Pramuka saat ini amat terbatas dan sangat dangkal. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan Pembina dan arus informasi standart materi ke Gugusdepan sangat lambat. Hal ini juga diperparah dengan tidak adanya standarisasi materi di masing-masing Gugusdepan. Sehingga materi yang disajikan merupakan materi warisan yang turun temurun tanpa ada pembaharuan guna mengikuti perkembangan jaman.
Menyongsong akreditasi gugusdepan yang diharapkan setiap gugusdepan mampu mengstandarkan satuannya baik dari segi administrasi maupun manajemen, maka diperlukan Sumber Daya Manusia berkualitas yang dalam hal ini adalah Pembina dan peserta didik dalam menjalankan aktivitas di gugusdepan. Namun harapan ini belum tercapai setelah dilaksanakan monitoring dan evaluasi di  30 gugusdepan pramuka penegak yang dilaksanakan pada bulan maret – mei 2015. Pada kegiatan tersebut didapatkan sebanyak 70% gugusdepan pramuka penegak di kwarcab Lumajang masih terdapat masalah dari segi administrasi, pola pembinaan, dan pengelolaan dewan ambalan.
Menjawab fenomena ini, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lumajang dirasa perlu menyelenggarakan kegiatan Gladian Pimpinan Satuan (Dianpinsat) Tahun 2015. Kegiatan ini adalah sebuah kegiatan yang mempertemukan Pramuka Penegak se – Kabupaten Lumajang yang dikemas dalam perkemahan di alam terbuka, dengan menitikberatkan pada peningkatan pengetahuan, keterampilan dan kecakapan Pramuka dalam bidang kepemimpinan, dan kemampuan pengelolaan dewan ambalan di Gugusdepan. 
Adanya keterbatasan kualitas pimpinan satuan penegak dan ragam materi yang disajikan kepada peserta didik di Gugusdepan, sehingga diperlukan kegiatan yang mampu meningkatkan pengetahuan, kecakapan, dan keterampilan serta jiwa kepemimpinan Pramuka pada materi-materi yang dibutuhkan pramuka penegak dalam mengelola dewan ambalannya sebagai standar berjalannya pembinaan anggota penegak di Gugusdepan. 
Kegiatan Dianpinsat 2015 dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 25 - 27 September 2015 di Gedung Pertemuan Kebun Teh Kec. Gucialit Kab. Lumajang
Informasi lebih lanjut silahkan hubungi;
Dewan Kerja Cabang Lumajang A.n Luqman Suyanto Putra 081233795363 
Telp. Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lumajang (0334) 883208. 
Surat Edaran Geladian Pimpinan Satuan (DIANPINSAT 2015) Download disini

                                                         SALAM ARYAWIRARAJA