Kamis, 07 Oktober 2010

On 06.23 by dkclumajang

THIS MOMENT, SCOUTS NEW ARRIVAL 2010
Agustus – Oktober 2010
Pendatang baru, semangat baru


Banyak persepsi dan sdut pandang baru mengenai pramuka tatkala memasuki tahun – tahun ajaran baru. Penegak – penegak barupun memulai ukiran dibuku baru dengan seragam putih abu – abu kebanggaan. Segala pemikiran telah berkembang, termasuk mengenai Pramuka. Namun sayangnya justru banyak persepsi yang berkembang menuju arah yang salah.

Tak sedikit dari rekan – rekan kita kelas X yang berpandangan bahwa pramuka penegak tidak ada bedanya dengan pramuka – pramuka di SD / SMP mereka, tatkala mereka diwajibkan mengikutinya dahulu. “tali, sandi, semaphore, morse, nananan……..”. sungguh sangat disayangkan kalau pikiran ‘fresh’ masih menyimpan memori yang ‘agak’ lusuh. Tak hanya mereka yang fresh, bahkan yang sudah menjadi ‘kentos’nya pramukapun terkadang masih mengalami kekeliruan persepsi / pengertian tentang bagaikmana sudah gugusdepan, penegak serta pandega itu dikelola.

Rumusan masalah itulah yang mendasari pemikiran anggota DKC 1308 untuk memberi kesan dan penggambaran baru kepada rekan – rekan penegak tamu. Bahwa bagaimana serunya kegiatan yang ada di golongan penegak dan pandega. Dasar – dasar pemikiran itu akhirnya memunculkan suatu ide mengenai kegiatan inovasi untuk menyambut kedatangan para penegak tamu serta meluruskan ketidak samaan persepsi antar penegak pandega lumajang. SCOUTS NEW ARRIVAL.

Kegiatan ini dikemas dalam 3 bentuk kegiatan, yakni Scout Share pada tanggal 7-8 agustus dib alai diklat pasirian. Kegiatan ini dikhususkan kepada mereka yang membutuhkan ilmu, karena pada kegiatan pertama penuh dengan ilmu dan pengayaan. Eits,, tapi ga ilmu doing dung, kita juga tidak melupakan factor yang dapat menghibur teman – teman. Materi – materi yang dipresentasikan pada kegiatan ini antara lain mengenai AD-ART gerakan pramuka (Kak Pri-Luck), PP Gugusdepan (kak Elis), PPDK (Kak Sofyan), PP penegak – pandega (Kak Bryan), (masing – masing segera meluncur di blog materi DKC). Tampak teman – teman peserta begitu antusias ketika dari masing – masing utusan kami pecah menjadi beberapa kelompok dan melakukan dinamika. Acara ini ditutup pada jam 11 siang.  Pesertapun kembali ke gudep / ranting masing – masing.

Kegiatan tahap dua memiliki kesan yang cukup berbeda. Pasalanya, tatkala kegiatan berlangsung, kita sedang berada dalam nuansa bulan suci ramadhan. Tempatnya di gudep Satria Mandala Pangkalan SMAN3Lumajang. Dimulai pada pukul 16.30 oleh kak Towil ridlo’i. dalam kegiatan ini kita kehadiran tamu kehormatan dari DKD Jatim, Kak HADI, dan kakak – kakak dari DKC se KORWIL Malang. Yang lebih berkesan dari kegiatan ini adalah sambutan dari tuan rumah berupa patrol merdu dari Satman. Yang dilanjutkan dengan perlombaan patrol oleh peserta lain diawasi oleh juri independent dari kakak – kakak andalan dan DKD. Asil dari perlombaan ini ialah; Gudep HOS.Cokroaminoto sebagai juara 1, Gudep KH.Agus Salim sebagai juara 2 dan Gudep Satria Mandala sebagai juara 3. Over all, semua peserta telah berusaha dengan baik, selamat kepada para pemenang. Acara dilanjutkan dengan takjil, sholat maghrib jamaah dan buka bersama. Lagi lagi,hidangan yang disediakan menjadi sasaran amuk massa yang sedang berbuka.  Seusai nya acara tersebut, dilanjutkan dengan lomba Intelegence quantum yang mengadu kecerdasan inteleqtual peserta dibidang tekspram dan umum.  Hasilnya, Gudep HOS.Cokroaminoto (juara1), DKR Senduro (juara2), Gudep KH. Agus Salim (juara3), DKR Tempursari (peringkat 4), dan Gudep Hi Hajar Dewantoro (peringkat5) maju ke babak final dan masuk kesesi cerdas cermat. Acara ini ditutup pada jam 10.00 setelah akak Joko meberi pengarahan mengenai kegiatan ketiga kita Rover To Success

RTS merupakan kegiatan terakhir yang sifatnya selebrasi. Acara dibuka langsung oleh kakwarcab, kak rohim, di hutan jati senduro. Di up. Pembukaan ini juga dilakukan penyerahan topi juara D’ring Festival dan IQ. Sumringah deh para pemenangnya. Peserta yang lain tak kalah sumringah ketika kaos dan scraft kegiatan mulai dibagikan. Opening ceremony usai, peserta mulai menaiki kendaraan roda 4 menuju tempat memulai perjalanan meuju TKP, Ranu Regulo. Didampingi oleh cak Karyo cs dari Pecinta Alam Senduro, Teman – teman tegak dega lumajang mulai turun dari kendaraan di kawasan Watu Tulis. Dan melanjutkan berjalan kaki ke Ranu regulo. Di Regulo, peserta mendirikan kemah dan menyiapakan makanan masing – masing, sebagian, mengumpulkan kayu bakar. Menjelang malam, ssuhu mulai menurun, malam haripun menjadi malam pernungan serta sharing seluruh peserta bersama sangker. Dilanjutkan dengan pembakaran api unggun sederhanabersama DKC 01. Pagi hari kita mulai refleksi, permainan – permainan seru serta scene mantab untuk pemotretan sangat menunjang suasana alam terbuka yang menggembirakan. Kak zam-zam beraksi dengan ‘say bush’nya, kak niko dengan ‘kapal perangnya’. Semua berpartisipasi dengan penuh tawa. Tak terkecuali para sangker. Hari itu kita tutup pada jam 11 di ranu regulo dan kembali ke balai besar untuk kembali ke kendaraan dan kembali ke lumajang dan satu kendaraan berhenti di senduro.

Demikian kegiatan scouts new arrival yang telah terlaksana dengan cukup baik. Semoga apa telah kami persembahkan dapat berhasil guna bagi penegak pandega kwarcab lumajang. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya kegiatan. Dan selamat bertemu lagi di kagiatan selanjutnya, jota – joti dan GPTD Lumajang 2011.