Kamis, 07 Oktober 2010

On 05.13 by dkclumajang
SCOUTS DAY
14 Agustus 2010
Di usia pramuka yang ke-49, Semangat para pahlawan, tetap bergelora


Semangat membela bangsa yang dimiliki para pahlawan mungkin sudah tiada, dan tergantikan dengan semangat mengisi kemerdekaan. Namun esensi serta kekuatan petriotisme para pahlawan perjuangan tetap terjaga di dalam dada anggota pramuka Indonesia.

Sabtu tanggal 14 agustus 2010 menjadi hari ulang janji yang berkesan bagi anggota gerakan pramuka Indonesia. Betapa tidak, acara yang berlangsung sejak pagi hari dan bersambung pukul 3 sore hingga menjelang berbuka tersebut kami lalui dengan semangat nuansa ramadhan pula. Hmmm,, terbayang kan bagaimana rasanya, apalagi bagi para sangga kerja yang sebelum hingga pembubaran acara melakukan controlling terhadap setiap agenda. Kasihan ya kakak – kakak sangker, hikhikik. Namun rasa lapar dan dahaga dibulan puasa tak mampu mengalahkan semangat bhakti teman – teman anggota pramuka yang lain. Weiss…….saluuuutttt

Dimulai pada pukul 18.00 WIB di Taman Makam Pahlawan Lumajang, acara dibuka oleh kak As’at, yang menggantikan Kamabicab (kak Ajad). Acara di TMP ini berlangsung secara ceremonial diikuti oleh anggota gerakan pramuka berbagai golongan dari berbagai utusan. Siaga, penggalang, hingga anggota dewasa turut larut dalam khidmatnya upacara mengenang jasa pahlawan di TMP tersebut. Acara ini kemudian dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga oleh Pembina upacara. Setelahnya, dilanjutkan dengan tabor bunga oleh Pembina upacara beserta rombongan peserta upacara.

Acara berlangsung khidmat dengan suasana penuh haru. Acara langsung diakhiri dengan penutupan langsung oleh inspector upacara dan akan dilanjutkan pada sore harinya.

Pengintip persiapan para sangker, hihihi sungguh tak tega, di tengah hari puasa yang membuat haus tiada dua, kakak – kakak sangker harus memeras tebu guna dikemas menjadi SABU (sari tebu) untuk disajikan sebagai takjil pada waktu buka bersama nanti. Terbayang betapa kakak – kakak ini harus berjuang, melawan haus yang mematikan, butuh semangat ’45 kayaknya neh, hehehe. Di lokasi, Gedung Serba Guna SUT, kakak – kakak yang lain tak kalah siuk merapikan serta menyiapkan peralatan serta dekor tempat. Angkat – angkat dan pasang umbul – umbul, meski dibulan puasa tak dapat meruntuhkan semangat juang mereka. SEMANGAT KAK!!!!! Demi suksesnya acara.

Kembali ke acara

Acara selanjutnya dimulai pukul 15.30 WIB di Gedung serba Guna SUT. Disana, dihadiri oleh tokoh – tokoh pramuka, yakni kak As’at, kak prangko, dan banyak lagi tokoh pramuka yang lain. Hadirin peserta upacara di TMP-pun turut meramaikan acara tersebut. Acara diisi dengan tausyah, pembacaan puisi serta menyanyikan lagu – lagu ayng dikumandangkan oleh rekan rekan anggota pramuka lainnya. Serta, diputarkan pula film documenter yang merupakan flashback dari citraan gerakan pramuka, masa BP hingga sekarang. Kehangatan dan keakraban yang terjadi telah menghipnotis seluruh hadirin disana, hingga mereka tersenyum lepas dan ceria, seakan lupa bahwa mereka sedang berpuasa.

Acara puncak ialah ketika adzan maghrib berkumanadang. Takjil-pun menjadi sasaran amuk mass, wah kayak demonstrasi ya, dan ternyata, rasa nikmat dari SABU buatan para sangker berhasil memanjakan lidah dan pikiran setiap orang yang mencicipi. Sholat maghrib berjamaah dilakukan di GSG, diimami oleh kak As’at yang diikuti oleh seluruh hadirin (kecuali yang halangan). Setelah itu, santap makan berbuka pun dilaksanakan. Hadirin, termasuk kak As’at tampak menikmatihidangan yang tersaji. Meski akhirnya,  harus makan telat karena hidangannya tidak cukup dan harus mengambil lagi dari tempat pengantaran, wah, kasihan sekali kakak sangker hari itu ya?. Hehehehe

Acara kemudian dilanjutkan dengan posesi penyerahan lencanan pancawarsa oleh kakwarcab, kak fatchurrohim, serta pelantikan anggota DKC 1308 masa bhakti 2008 – 2013.

Acara ditutup dengan kesan mendalam bagi semua pihak. Bahwa perjuangan saat ini, belum bisa disetarakan dengan perjuangan para pahlawan pejuang kemerdekaan. Dan kita harus tetap bersemangat dalam meneruskan cita – cita perjuangan tersebut.

Selamat berjuang rekan – rekan ku anggota pramuka kwarcab lumajang. Teruslah berjuang, teruslah berkarya.

Selamat hari pramuka yang ke 49, SALAM PRAMUKA!