Senin, 30 Mei 2011

On 03.12 by dkclumajang
JAMNAS IX BAGIKU

menjemput Garudaku

Bersekolah dan menjalani aktivitas seperti biasanya yang terasa biasa - biasa saja. Beberapa hari kemudian terdengar berita tentang forum besar pramuka penggalang, Jambore Nasional IX di Kab. Ogan Komering Ilir, Teluk Gelam, Sumatra Selatan. Setelah terdengar berita tersebut, setiap hari teman - teman semua membicarakan hal itu. Kami yakin semua pramuka penggalang di Indonesia pasti ingin ikut serta dalam acara akbar itu. Tapi ada beberapa hal yang mungkin menjadi kendala bagi kita.


Yang pertama yaitu masalah biaya, pertama kali kita mendengar bahwa biayanya sekitar 3jt, sudah bisa ditebak kita langsung bilang “Biyuuuuhhh……… chek larange………!!!” Hal itu yang mungkin menghambat kita untuk mengikuti Jamnas. Teman teman semua yang ingin mengikutinya merasa bingung dapat uang sebanyak itu dari mana dan mungkin mereka juga merasa kasihan kepada ortu.
Tapi, semangat kami berkobar lagi setelah ada sosialisasi dari Kwarcab ke Gudep dan Kwarran. Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan sedetail detailnya tentang keikutsertaan Jamnas.  Salah satunya melalui jalur seleksi. Kami berlatih dan mendalami kepramukaan setiap saat untuk mempersiapkan mengikuti seleksi. Seleksi Jamnas Kontingen Lumajang dilaksanakan pada tanggal 20 Februari 2011 di areal Sekolah Unggulan Terpadu Lumajang. Hari yang ditunggu tunggu telah tiba, seleksi Jamnas menunggu. Kami berangkat dari rumah dan gudep masing masing. Sampai di tempat seleksi, waw……. bermacam macam orang ada disana. Peserta seleksi datang dari berbagai daerah di Kab. Lumajang. Kami sempat tidak percaya diri dan minder, karena mungkin pesertanya yang gaul - gaul dan pakaiannya yang oke (ada yang pakai nampan yang TKKnya banyak, pakai sleyer, banyak tempelan, dan full aksesoris). Tapi kita berusaha yakin kalau semua tergantung dari usaha dan kemampuan masing masing peserta.
Sekitar pukul 08.00 WIB seleksi Jamnas dimulai. Kami sangat deg – degan tapi kami berusaha menunjukkan kemampuan kami dengan baik pada setiap tahapan – tahapan seleksi. Seleksi berakhir sekitar pukul 14.00 WIB, dan tinggfal menunggu pengumuman Seleksi.
Hari yang ditunggu - tunggu akhirnya tiba juga, pengumuman Seleksi Perekrutan Kontingen Jambore Nasional IX yang kabarnya akan diumumkan pada hari Jumat 25 Februari 2011. Hari itu mungkin kami sangat HARAP – HARAP CEMAS dan tidak konsentrasi belajar di kelas karena terlalu memikirkan pengumuan itu. Pulang sekolah pengumuman itu datang juga. Kami semua yang mengikuti seleksi Jamnas dikumpulkan oleh Pembina kita. Dan senangnya hati kami saat mendengar bahwa kami lolos seleksi Jamnas IX.
Terima kasih……………….