Sabtu, 06 Agustus 2011

On 10.44 by dkclumajang
TC PERTAMA JAMNAS IX
satu langkah menuju yang lebih baik

          Awal kami memulai persiapan JAMNAS ke IX ini yaitu TC pertama yang tempatnya di SMPN 2 TEMPEH. Kami merasa senang serta bangga dalam hati karena telah terpilihnya sebagai peserta jamnas kontingen Lumajang yang ke IX kami di persiapkan dengan TC ini. Rasa bangga serta semangat selalu mengiringi kami. Kegiatan ini membuat kami beradaptasi satu sama lain dan membentuk kelompok dan banyak teman baru. Adapun materi dan kegiatan yang dibekalkan kepada kami yaitu,forum penggalang,cara pemasangan tenda,camparct&expedition backingpaking skill,team building,senam pagi,PBB,masak-memasak.


          Pertama, kami sampai ditempat kami langsung pembagian ruang setelah itu dilanjutkan uapacara pembukaan. Dan kami memasuki kegiatan pertama yaitu forum penggalang yang di sampaikan oleh kakak dari kwarcab. Kami diajarkan berbagai materi yaitu tentang penggalang yang intinya membahas JAMBORE. Antara lain jamboree ranting , cabang , daerah , nasional, dunia. Serta lomba tingkat.

          Setelah itu kami langsung melanjutkan ke kegiatan berikutnya yaitu cara pemasangan tenda yang disampaikan oleh kak Hendra dari DKC. Ada beerbagai tenda disana. Kami disana di beri kesempatan untuk mencoba satu-persatu. Ada satu tenda yang pemasangannya beda dari tenda tenda yang lain. Tenda tersebut lebih besar dari tenda-tenda yang lain. Semua regu perempuan saat itu ketakutan kalau pada saat nanti JAMNAS kebagian tenda tersebut. Tapi oleh kakak- kakak DKC sudah dibagi untuk laki-lakinya.

          Selanjutnya ,kami dipersilakan untuk bersih-bersih diri serta sekalian sholat ashar dan maghrib. Setelah sholat maghrib kami makan bersama di ruang makan yang telah disediakan oleh kakak-kakak DKC. Setelah selesei,sudah dicuci piring dan segala alat makan, kami langsung menginjak acara selanjutnya. Disaat cuci piring serta alat makan lainnya. Terjadi keantrian, karena sabun dan alat mencucinya cumin satu. Dan terjadi tidak ketertiban.

          Kami menginjak materi CampCraft & Expedition Bagpacking Skill yang disampaikan oleh Prio dari DKC. Yang isinya tentang.
1.     Harus mengetahui tujuan & rute
2.    Faktor penghambat kegagalan kegiatan dialam terbuka:
Faktor eksternal: luar diri(luar dari diri kita)
Faktor internal  : dari luar.
3.    Pakaian & peralatan untuk digunakan dialam terbuka: baju, celana, topi.
Di gunung: jaket, mantel, kaos kaki berlapis. Sepatu yang banyak sol dan depan ada pelindungnya.
4.    Peralatan :kompas , P3K , senter, alat serbaguna.
5.    Food & cooking : gula  merah , cokelat.
6.    Kunci memasang tenda : dipasang melawan arah angin . dipasang tidak mengkerut agar jalan air lancer.
7.    Jangan memakai pakaian yang lembap pada saat tidur.(jangan parasit)
8.    Dan setiap barang bawaan harus dibuatkan list (check)

Setelah itu dikaish materi selanjutnya oleh kak A. Taufiq dari kwarcab. Yaitu
Team Building.membahas antara lain.
v  Kepemimpinan : ketua harus mempunyai inisiatif.
v  Team : kekompakan , strategi , meningkatkan produktif team , menjadi regu yang indah, kenal semua anggota , membagi waktu , tahu diri (intropeksi) , dan saling membantu serta mempunyai rasa tanggung jawab.
v  Kompetensi pemimpin: memahami area kerja, memahami konsep kerja team, memahami perbedaan merupakan sumber inovasi, memahami fungsi komunikasi efektif, memahami proses penyelarasan yang sinergistik.
v  Kemampuan kepemimpinan :
·         Kreatif
·         Mampu memancing kekreativitasan anggota
·         Mampu meyakinkan orang lain
·         Mampu menyelesaikan konfilk
·         Mampu membangun kerja sama
·         Mampu membangkitkan
·         Mampu mengatasi hambatan
v  Ciri kecerdasan emosional:
·         Mental berkelimpahan
·         Berpemikiran positif
·         Kemampuan berempati
·         Komunikasi tranfornasional
·         Beroreontasi sama sama puas
·         Sifat melayani
·         Kebiasaan apresiatif

Setelah itu kami dipersilakan istirahat dan sholat isya’. Bangun pagipun kami laksanakan seiring sholat shubuh. Setelah itu kami lanjutkan ke senam pagi. Langsung kami sambung ke makan pagi atau sarapan. Langsung kami sambung ke materi PBB yang disampaikan oleh kak Basuki dari kwarcab. Walaupun disana kami kepanasan tetapi kami tetap semangat. Meskipun juga ada yang berpuasa itupun masih semangat.

Selanjutnya yaitu masak-memasak. Peralatan sudah disediakan oleh DKC . dan masakan ini dibuat makan siang kami. Kami yang awalnya tidak bisa memasak sekarang bisa memasak sendiri dengan berbagai keinginan hati. Materi ini disampaikan oleh kak Rini dari kwarcab. Disela – sela kegiatan ini diadakan pengukuran untuk baju JAMNAS. Nasi matang , lauk matang , semua matang , sekarang tinggal menyantap. Walaupun rasanya tidak terlalu enak. Tapi kami sangat menikmati masakan hasil sendiri.

TC pertama ini membuat kami terus semangat untuk berangkat JAMNAS. Dan kami juga sudah mempunyai yel-yel regu. Serta bekal untuk JAMNAS nanti. Terimakasih untuk kakak-kakak yang telah memberi materi di TC 1 ini, serta kakak- kakak pendamping pula. Semoga selamat dan lancar sampai JAMNAS dimulai hingga selesai.

‘SATYAKU KUDARMAKAN DARMAKU KUBAKTIKAN’
SALAM PRAMUKA…



Linggar.cempaka.JAMNAS.