Sabtu, 06 Agustus 2011

On 12.12 by dkclumajang
Catatan Kecil, DalamLangkahku
perjuangan untuk dikenang
 
Semua berawal dari informasi akan diadakannya seleksi “JAMNAS IX” di Kwarcab Lumajang oleh DKC 1308 (Lumajang) yang merupakan bagian integral dari Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lumajang. Informasi tersebut kurang lebih sudah dua bulan lalu diberitahukan, khususnya kepada pramuka penggalang Kwarcab Lumajang, dan pada umumnya kepada seluruh anggota dewasa dan T/D Kwarcab Lumajang. Menindaklanjuti hal tersebut, gugusdepan kami memberikan rekomendasi untuk mengikuti seleksi tersebut dengan harapan dapat memperoleh ilmu/ pengetahuan/ wawasan/ pengalaman baru mengenai Pramuka.

            Sampai akhirnya kami mengikuti tahapan seleksi yang dilaksanakan pada tanggal 20 Februari 2011 di Gedung Aula SUT Lumajang. Hampir seluruh anggota penggalang yang ada di Lumajang mengikuti tahapan seleksi JAMNAS. Anggota Dewasa dan T/D pun nggak mau ketinggalan dalam seleksi kali ini, mereka nggak mau ngalah dari anggota penggalang. Karena mereka tahu bahwa event ini merupakan event akbar yang dilaksanakan 5 tahun sekali oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Indonesia.
            Tahapan seleksi anggota penggalang terdiri dari :Seleksi bid. Administrasi, seleksi bid.Kesamaptaan, seleksi bid.kecapakan umum, seleksi bid.kecakapan khusus. Dengan artian semua peserta seleksi harus mempersiapkan dirinya untukmengikuti seluruh bidang seleksi tersebut.
            Tahapan seleksi anggota T/D tidak jauh berbeda dari tahapan seleksi anggota penggalang. Hanyas aja di tahapan seleksi anggota T/D tidak terdapat seleksi bid. kecakapan umum, namun diganti dengan seleksibid.Problem Solving.
            Tahapan seleksi anggota dewasa sama persis seperti tahapan seleksi yang diberikan kepada anggota T/D.
            Beberapa waktu kemudian, kami (yang lolos seleksi) di undang oleh DKC 1308 untuk mengikuti latihandan dinamika regu.Waktu itu kami masih membawa nama kwarran dan gugusdepan masing-masing. Di latihan kali ini kami diberi materi berupa permainan yang membuat kami betah berada disana. Di akhir materi, Kak Priyo Utomo (AncuCab) membentuk sekumpulan regu, yang terdiri dari regu Garuda (PA 1), Rajawali (PA 2), Cempaka (PI 1), Tulip (PI 2), Melati (PI 3).
            Dengan hal tersebut, DKC Lumajang memberikan jadwal TC sebanyak 3 kali. TC pertama dilaksanakan pada tanggal 26 – 27 Maret 2011 di gugusdepan Wirabuana pangkalan SMPN 02 Tempeh. Di TC yang pertama kami diberikan materi tentang cara mendirikan tenda dumb, memasak, Forum Penggalang, PBB, Wide Game, dll. TC yang kedua dilaksanakan pada tanggal 16 – 17 April di SMKN 02 Lumajang, pada TC yang kedua kami diberi materi berupa permainan, Survival, cara menyusun laporan pertanggungjawaban, fotografi, dan yang paling berkesan kami diberiOst. Kontingen Lumajang. TC yang ketiga insya’ALLAH akan dilaksanakan di alam bebas dan tepatnya pada akhir bulan Mei.

            Kami mulai mengenal satu sama lain, saling toleransi, perhatian, dan yang paling utama kekompakan, semangat, persatuan dan rasa persaudaraan. Sampai akhirnya nanti kami dilepas dan benar – benar siap terjun ke me dan Jambore Nasional IX, serta membawa nama baik Lumajang dan bertekad untuk mengaharumkan nama Lumajang dimuka anggota Pramuka seluruh Indonesia. Aaaamiiiin……
BersatuTeguhMenuju Indonesia Gemilang